Supreme Commander 2




Nama Supreme Commander 2 memang tidak sebesar seri Real Time Strategy yang berumur lama, seperti Command & Conquer. Namun, harus diakui seri game Supreme Commander memiliki penggemar setia yang “kecantol” dengan pesona dari game ini. Bila Anda menyukai game pertempuran yang melibatkan banyak unit, tentunya Anda juga akan menyukai game ini.

Supreme Commander 2 bertemakan pertempuran yang melibatkan tiga fraksi yang berkuasa di dunia masa depan, yaitu UEF, Illuminate, dan Cybran. Setelah perang besar yang berakhir pada perdamaian yang canggung di Supreme Commander pertama, Anda akan menemukan perang baru yang lebih seru dalam sekuel ini. Anda mulanya akan berperan sebagai seorang komandan UEF yang harus memilih antara negara atau keluarga, kemudian berperan menjadi komandan Illuminate yang menjadi seorang teroris demi menyadarkan negaranya akan kelemahannya, dan terakhir menjadi komandan Cybran yang tidak setuju dengan negaranya yang tidak memerdulikan apapun kecuali ilmu pengetahuan.

Feature pertempuran besar yang melibatkan banyak unit merupakan satu hal yang paling menarik dalam game ini. Biasanya, Anda akan dibatasi untuk membuat hingga 300 unit dalam mode Campaign. Namun, pada mode Skirmish batasan tersebut dinaikkan hingga 500 unit. Jadi, bila Anda bertempur dengan tujuh lawan, total keseluruhan unit dalam permainan bisa mencapai 4000 unit! Bayangkan kehancuran yang dapat Anda saksikan pada saat itu!

Besarnya jumlah unit yang dapat Anda gunakan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pada satu sisi, Anda dapat menggempur musuh dengan banyak unit dan berharap musuh kalah banyak. Tetapi, pada sisi lain banyaknya unit dapat menyebabkan pergerakan unit terhambat ketika melewati daerah yang menyempit dan penurunan performa PC, seperti yang terjadi pada Supreme Commander pertama. Untungnya, pada game ini kedua masalah tersebut berhasil diatasi dengan baik. Pergerakan unit menjadi lebih pintar supaya tidak menghambat unit lain di belakangnya dan tidak terjadi penurunan performa yang signifikan ketika bertempur dengan jumlah ribuan unit.

Mengatur ratusan unit tentunya bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, game ini memberikan feature lain yang sangat membantu Anda ketika bermain. Anda dapat men-zoom daerah pertempuran hingga sangat jauh. Bahkan, Anda dapat melihat keseluruhan peta dalam satu layar! Luar biasa! Kemudian, semua unit akan diwakili simbol yang dibagi berdasarkan jenis unitnya, seperti unit darat (yang terbagi lagi menjadi penyerang darat, artileri, dan udara) dan unit udara (seperti gunship, fighter, dan bomber). Unit dengan jenis yang sama dan berdekatan juga secara otomatis dimasukkan ke dalam satu grup. Jadi, Anda dapat dengan mudah menjalankan unit tersebut dari zoom terjauh dan mengamati pertempuran dengan lebih jelas.

Semua unit yang dapat Anda kendalikan tentunya harus dibangun terlebih dahulu sebelum Anda dapat melemparnya ke depan pintu musuh. Anda dapat membangun semua fasilitas membangun dengan menggunakan bantuan Engineer dan sebuah unit yang sangat penting bernama Armored Command Unit (ACU). ACU merupakan jantung dari pasukan Anda dan Anda biasanya akan kalah bila ACU berhasil dihancurkan. ACU berbentuk robot yang lebih besar ukurannya dibanding unit dasar dan Anda dapat menggunakannya untuk membangun dan berperang. Selain itu, ACU juga membangun lebih cepat dibandingkan unit Engineer. Jadi, ACU sangat cocok digunakan untuk membangun pertahanan.

Jenis bangunan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu bangunan Basic, Advance, dan Experimental. Bangunan Basic biasanya terbagi menjadi bangunan untuk membuat unit dasar (darat, laut, dan udara) dan bangunan untuk mengumpulkan bahan baku. Bahan baku dalam game ini terbagi menjadi tiga, yaitu Mass, listrik, dan poin riset. Mass dan listrik merupakan kebutuhan utama untuk membangun apapun, dari bangunan lain

hingga unit tempur. Walaupun sangat penting peranannya, Mass hanya dapat ditambang di beberapa poin saja dalam sebuah peta. Jadi, Anda harus bertempur untuk memperebutkannya dan menikmati keunggulan yang ditawarkannya.

Sedangkan poin riset berguna untuk meneliti teknologi baru yang dapat menentukan kemenangan Anda akan musuh yang dihadapi. Mengapa teknologi begitu penting? Karena melalui teknologi tersebut Anda dapat memperkuat unit tempur, meneliti jenis unit baru yang jauh lebih kuat, mempercepat pembangunan unit dan bangunan, serta membuat unit eksperimental yang super kuat (dan super mahal).

Unit eksperimental hanya dapat dibangun setelah Anda membuat bangunan eksperimental pula. Bangunan yang biasanya berbentuk sangat besar ini memang sesuai dengan unit yang dihasilkannya. Unit eksperimental biasanya berbentuk sangat besar (lima hingga sepuluh kali ukuran unit biasa) dan harganya juga bisa mencapai sepuluh kali unit biasa. Namun, kekuatan yang akan Anda dapatkan sepadan dan dapat menjadi penentu pertempuran. Uniknya, unit eksperimental yang berukuran sangat besar tersebut biasanya hanya meminta unit cap sebesar dua unit saja. Jadi, Anda dapat membuat unit eksperimental hingga 250 unit pada unit cap 500! Satu-satunya yang menghalangi Anda adalah harganya dan waktu pembangunan yang lama.

Untuk mengatasi masalah waktu pembangunan unit, Anda dapat menggunakan bantuan Engineer. Unit ini dapat dipilih dan diklik ke fasilitas yang sedang membangun unit. Semakin banyak engineer yang membantu sebuah fasilitas, semakin cepat pula pembangunan unitnya. Hal ini terutama sangat berguna untuk unit eksperimental dengan waktu membangun yang lama. Engineer juga dapat digunakan untuk mengumpulkan Mass dari bangkai unit yang hancur dalam pertempuran. Sangat membantu bila Anda tidak memiliki sumber Mass yang banyak. Sebagai tambahan, Engineer dapat memperbaiki bangunan dan unit yang terluka. Jadi, sangat disarankan untuk membawa mereka dalam pertempuran.

Alasan lain yang lebih kuat untuk menjaga unit yang Anda miliki dari kehancuran adalah adanya sistem kenaikan level untuk semua unit tempur dan bangunan yang menghasilkan unit. Semakin tinggi levelnya, daya hancur dan pertahanannya semakin besar pula. Terlebih lagi bila Anda memiliki unit eksperimental dengan level yang besar. Bersiaplah untuk menggilas musuh Anda dengan mudah.

Supreme Commander 2 memiliki bentuk permainan yang menarik dan sedikit masalah yang mengganggu permainan. Sayangnya, game ini memiliki campaign yang tergolong pendek dan kurangnya penjelasan mengenai unit di dalam permainan. Untungnya, Anda dapat menemukan mode Skirmish dan Multiplayer yang menarik. Bahkan, Anda dapat memberikan beberapa batasan untuk membuat permainan menjadi lebih menarik, seperti larangan menggunakan nuklir, riset yang lebih lama, dan larangan menggunakan unit eksperimental. Ditambah dengan komposisi unit yang berimbang dan teknologi yang mendukungnya, game ini merupakan RTS yang sangat menarik dan seru untuk dimainkan.

Spesifikasi Minimum

Windows XP/Vista/Windows 7

Processor: 2.0 GHz or better, Intel or AMD CPU

Memory: 1 GB (Windows XP), 2 GB (Windows Vista dan Windows 7)

Hard drive: 3 GB

Video card: 256 MB Video Memory dengan Shader model 2.0

Cocok untuk:

Gamer yang menyukai RTS yang melibatkan pertempuran massal, seperti Total war dan gamer yang hobi membangun base.

Tidak cocok untuk:

Gamer yang mengutamakan strategi dibanding jumlah unit yang super banyak dan tentunya gamer yang tidak suka game RTS.

Info

Publisher: Square Enix

Developer: Gas Powered Games

Jenis: RTS

Batas Umur: Semua Umur

Website resmi: www.supremecommander2.com


EmoticonEmoticon