Civilization V

Civilization V



Civilization V merupakan jajaran game terbaru dari seri game Civilization yang telah malang melintang di dunia game semenjak tahun 1990. Seperti cuplikan yang telah kami berikan di atas, Anda akan mengembangkan sebuah bangsa dari zaman purba hingga masa depan. Walaupun terdengar sangat rumit, Anda sebenarnya tidak menjalankan berbagai faktor kenegaraan yang rumit. Game ini secara garis besarnya hanya meminta Anda untuk memutuskan beberapa hal yang membuat bangsa Anda berjalan, seperti memutuskan teknologi yang akan diteliti, bangunan yang akan didirikan di kota Anda, unit yang akan dilatih, diplomasi, dan infrastruktur apa yang akan Anda bangun di sekitar kota Anda.

Kualitas tampilannya semakin halus dibanding seri game sebelumnya

Pilih sendiri bangsamu

Anda sudah bisa membayangkan seperti apa game ini berjalan? Tidak serumit yang Anda kira, bukan? Nah, setelah ketakutan akan kerumitan game ini tersingkir dari benak Anda, mari kita membicarakan mengenai bagaimana game ini dimainkan. Mulanya, Anda harus memilih salah satu dari 18 kebudayaan yang akan menjadi bangsa Anda. Kebudayaan yang tersedia di sini adalah yang dapat digolongkan menonjol di dunia pada zaman sebelum abad pertengahan. Sebagai contoh, Anda dapat menemukan bangsa Amerika, Inggris, Rusia, Jerman, Cina, dan Jepang. Setiap bangsa tersebut juga memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya menarik untuk dimainkan.

Seperti apa keunikan bangsa yang dapat Anda mainkan? Baiklah, sebagai contoh mari kita lihat bangsa Jepang. Bangsa ini memang sejak dahulu kala terkenal dengan kemampuan ekspansinya yang tidak kenal lelah. Oleh karena itu, bangsa Jepang memiliki militer yang kuat dan juga memiliki unit khusus “Samurai” yang sangat kuat! Contoh lain yang dapat Anda temukan adalah bangsa Inggris. Bangsa ini sangat baik dalam bidang kelautan. Jadi, Anda akan mendapatkan teknologi awal yang berhubungan dengan laut dan perahu Anda dapat berjalan lebih jauh daripada bangsa lain. Semua keunikan tersebut membuat game ini memberikan pengalaman yang berbeda di setiap bangsa yang dimainkan. Mengapa demikian? Karena gaya bermain Anda akan ditentukan dari keunikan tersebut!

Setiap hex memiliki nilai sumber daya yang akan membantu perkembangan kota Anda

Berlomba menguasai dunia

Setelah Anda memilih sebuah bangsa yang cocok dengan gaya bermain Anda, apa yang akan Anda lakukan? Tentu saja Anda akan memulai ambisi Anda untuk menguasai dunia! Bagaimana cara mencapainya? Apakah Anda hanya dapat melakukannya dengan menghancurkan semua bangsa lain yang ada? Game ini menawarkan beberapa opsi kemenangan yang dapat Anda capai sesuai dengan bangsa yang Anda pilih. Anda dapat bermain untuk mengumpulkan poin hingga batas waktu tertentu, menjadi bangsa dengan teknologi termaju, memiliki kebudayaan terbaik di dunia, Menjadi negara yang diakui keunggulannya oleh negara lain secara diplomatis, dan tentu saja mendominasi dunia dengan kekuatan militer!

Semua itu dapat Anda tentukan sebelum mulai memainkan game ini. Selain opsi kemenangan, Anda juga dapat menentukan sebesar apa dunia yang akan Anda mainkan, secepat apa waktu berjalan, bentuk dunia, dan tingkat kesulitannya. Karena game ini dimainkan secara turn base, jadi kecepatan waktu yang diatur di sini adalah berapa tahun waktu yang diwakili oleh sebuah turn. Anda tidak tahu game turn base? Pada game jenis ini, Anda akan bergantian menjalankan sebuah bangsa dengan lawan Anda. Jadi, Anda dapat mengerjakan semua hal yang berhubungan dengan bangsa Anda dengan santai tanpa harus diburu waktu. Itulah sebabnya para penggemar game ini dapat menghabiskan waktu yang sangat lama di depan layar monitor dan bisa jadi lupa dengan hal yang lain.

Anda juga dapat menggunakan strategic view yang mempermudah melihat keadaan permainan

Mengelola sumber daya

Ketika Anda memasuki dunia untuk pertama kalinya, Anda akan bertemu dengan sebuah tampilan dengan kamera isometrik. Jadi, permainan akan dilihat melalui kamera yang berada di atas dengan sudut sekitar 45 derajat. Kamera jenis ini sangat biasa Anda temukan dalam game strategi dan taktik. Mulanya, Anda dapat menjalankan dua jenis unit, yaitu unit petarung dasar dan unit Settler. Unit Settler adalah jantung dari ekspansi bangsa Anda. Mengapa demikian? Unit inilah yang dapat digunakan untuk membangun sebuah kota di daerah yang menurut Anda menguntungkan!

Posisi sebuah kota merupakan faktor yang menentukan dalam perkembangannya nanti. Bila Anda berada di dekat laut, Anda sebaiknya memperkuat teknologi yang berhubungan dengan kelautan. Lalu, bagaimana bila Anda berada di daerah pegunungan? Anda akan memiliki kota yang kecil tetapi memiliki kemampuan produksi yang sangat tinggi! Lain lagi bila Anda membangun kota di dataran rendah yang subur dan di tepian sungai; kota Anda akan berkembang dengan pesat dan memiliki sumber pangan yang banyak. Jadi, posisi kota Anda akan memengaruhi performa dari kota itu sendiri!

Layar kota memberikan Anda informasi mengenai statistik kota dan membeli lahan baru

Kota Anda akan berkembang sesuai dengan makanan yang tersedia di daerah sekitarnya. Pada game ini, Anda dapat mengolah daerah sekitar kota menjadi fasilitas infrastruktur yang mendukung kota itu. Misalnya, Anda dapat membangun daerah pertanian untuk meningkatkan persediaan makanan yang dihasilkan sebuah “Tile”. Apa itu Tile? Daerah permainan dalam game ini sebenarnya terbagi menjadi petak yang berbentuk hexagonal (segi enam). Pada daerah yang disebut Tile tersebut, Anda dapat membangun infrastruktur, jalanan, rel kereta, benteng, dan masih banyak lagi. Selain itu, setiap unit berjalan sesuai satuan Tile tersebut. Jadi, bila dia memiliki nilai berjalan sebanyak dua, berarti dia dapat jalan sebanyak dua Tile dalam satu turn.

Animasi pertempuran semakin halus dan menarik untuk disaksikan

Kembali ke pembangunan infrastruktur, Anda dapat menemukan setiap hex (tile) memiliki nilai yang berpengaruh pada kota Anda. Setiap hex nilanya bergantung pada jenis tanah dan posisinya. Sebuah hex dataran rendah memiliki nilai sebesar 1 makanan dan 1 produksi. Namun, bila dia berada di dekat sungai, nilai makanannya akan bertambah menjadi dua. Lain lagi bila hex itu berbentuk pegunungan yang bernilai dua produksi. Setiap hex dapat bernilai makanan, produksi, dan uang. Nilai itu dapat Anda perkuat dengan membangun infrastruktur di atasnya. Misalnya, sebuah hex bernilai 1 makanan dan 1 produksi dibangun pertanian, maka akan menjadi 3 makanan dan 1 produksi.

Struktur teknologi yang tergambar dengan jelas mempermudah Anda untuk menentukan penelitian yang diambil

Bangunan infrastruktur yang bisa Anda bangun di atas sebuah hex tergantung dari jenis tanahnya. Pertanian hanya bisa dibangun di tanah datar dan pertambangan hanya di daerah pegunungan. Selain itu, Anda juga dapat menemukan beberapa hex spesial yang memiliki sumber alam unik. Contohnya adalah kuda, padi, batu bara, minyak, uranium, dan ikan paus. Semua sumber alam unik itu akan memberikan keuntungan tambahan bila Anda membangun infrastruktur yang tepat di atasnya. Biasanya, Anda harus menemukan terlebih dahulu teknologi yang tepat untuk membangunnya. Sumber daya semacam ini juga digunakan untuk membangun unit yang kuat, seperti Samurai, Tank, dan bom nuklir!

Kota yang Anda miliki dapat berkembang sesuai dengan makanan yang dimilikinya. Setiap kota akan berkembang setelah melewati beberapa turn, dengan catatan makanannya cukup. Pada setiap kota, Anda juga akan menemukan indikator yang memperlihatkan sumber daya yang dimilikinya, seperti Food (makanan), Production (produksi), Gold (uang), Science (ilmu pengetahuan), dan Culture (kebudayaan). Setiap sumber daya tersebut tergantung dari lahan hex yang digarap oleh penduduk sebuah kota. Misalnya, pada kota dengan penduduk sebesar 10, maka Anda dapat menggarap 10 hex yang ada di dalam batas kotanya.

Penguasa bangsa lain akan berusaha untuk berdialog dengan Anda. Damai atau perang!

Nilai produksi dalam sebuah kota menentukan kecepatan membangun sebuah fasilitas dan unit di kota tersebut. Semakin besar nilainya, semakin sedikit pula turn yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah unit dan bangunan. Hal ini tentunya menjadi keuntungan dari bangsa lain. Karena dalam game ini siapa yang cepat dan efisien, dialah yang menjadi pemenang! Begitu juga dengan nilai ilmu pengetahuan. Semakin besar nilainya, maka Anda akan semakin cepat menemukan teknologi baru. Bukan tidak mungkin Anda dapat menemukan senjata api beberapa tahun setelah masehi! Sangat menarik melihat unit senjata api Anda melawan musuh yang masih menggunakan pedang!

Pada layar kota ini, Anda juga dapat menemukan feature baru yang tidak ditemukan di seri game Civilization sebelumnya. Kini, Anda dapat membeli lahan dengan menggunakan uang! Sebelumnya, Anda harus menunggu batas kota Anda membesar seiring dengan nilai kebudayaan kota tersebut untuk membangun di sebuah sumber daya unik dekat kota Anda! Jadi, Anda dapat ekspansi dengan lebih cepat bila Anda memiliki uang yang banyak! Selain itu, Anda juga dapat menggunakan uang untuk membeli unit dan bangunan baru tanpa harus menunggu beberapa turn! Terbukti bahwa uang memegang peranan yang sangat penting dalam game ini!

Penasehat bangsa Anda sangat membantu untuk menentukan pemecahan permasalahan yang Anda temukan

Game ini juga memperkenalkan feature baru lain yang tidak kalah menariknya. Anda dapat menemukan beberapa negara kecil di luar bangsa besar (lawan Anda) yang disebut City-state. Negara sebesar kota ini biasanya memegang peranan penting, karena memiliki sumber daya unik yang sulit ditemukan. Anda dapat menghubungi negara kecil ini dan menawarkan persahabatan dengan memberikan bantuan uang. Negara ini nantinya akan berkawan dengan Anda dan Anda dapat membangun jalan ke negara ini supaya bisa mendapatkan sumber dayanya. Namun, patut Anda ingat; negara kecil akan menurun tingkat kesetiaannya kepada Anda. Jadi, Anda harus memberikan uang lagi untuk meningkatkan kesetiaannya!

Negara kecil yang disebut City-state dapat digunakan untuk kemajuan bangsa Anda

Kesimpulan

Harus diakui, game ini memiliki feature yang banyak dengan bentuk permainan yang menarik untuk para gamer yang menyukai jenis game ini. Belum lagi kemudahan yang diberikan di dalam game dalam bentuk bantuan untuk pemain baru dan pemberitahuan mengenai apa saja yang masih dapat Anda lakukan dalam setiap turn. Hanya satu saja pesan dari kami; game ini sangat membuat kecanduan! Siapkan weker di dekat Anda sebelum Anda bermain supaya tidak lupa makan, merenggangkan kaki, mengobrol dengan pacar (atau istri!), dan hal lain yang seharusnya Anda lakukan di kehidupan sehari-hari! Anda tidak percaya bisa lupa apapun seperti ini? Silakan Anda coba sendiri game ini! Kami tantang Anda!

Spesifikasi Minimum

  • Sistem Operasi: Windows XP SP3, Windows Vista SP2, Windows 7
  • Processor: Intel Core 2 Duo @ 1.8 GHz / AMD Athlon X2 64 @ 2.0 GHz
  • Memory: 2 GB
  • Hard drive: 8 GB
  • Video card: 256 MB NVIDIA GeForce 7900 GS / 256 MB ATI HD2600 XT
  • Driver: DirectX 9.0 & DirectX 11

Info

  • Publisher: 2K Games
  • Developer: Firaxis Games
  • Jenis: Turn Based Strategy
  • Batas Umur: Remaja
  • Website resmi: www.civilization5.com

Kesimpulan singkat

Game ini memberikan banyak feature baru yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, game ini juga bersahabat dengan pemain baru dengan dukungan tutorial serta bantuan in-game yang sangat membantu.

Kelebihan

Mudah dimengerti untuk sebuah game yang rumit, banyak bantuan in-game, tampilan yang bagus, membuat kecanduan, dan dapat menggunakan DirectX 11!

Kekurangan

Tergolong berat untuk pengguna komputer berspesifikasi menengah.

Cocok untuk:
Gamer yang menyukai strategi membangun, game turn base, dan seri Civilization.

Tidak cocok untuk:
Gamer yang menyukai aksi cepat.


EmoticonEmoticon