ASUS UL80JT NVIDIA Optimus Intel Core i5

ASUS UL80JT NVIDIA Optimus Intel Core i5 Review


ASUS Turbo 33

ASUS Turbo 33

Insinyur ASUS menawarkan produk dengan Intel Core i5 Ultra Low Voltage yang fleksibel dan graphics NVIDIA yang secara otomatis aktif jika diperlukan.

Beda UL80Vt dengan UL80Jt

Kita sudah mengenal UL80Vt dari review yang dilakukan 6 bulan yang lalu. Notebook itu memegang rekor baterai paling panjang yang pernah di tes oleh Tambah.info ( 7.5 jam always on ) sekaligus mempunyai fasilitas kartu grafis dedicated yang berguna untuk permainan game 3D kelas menengah dan kecepatan menjalankan aplikasi sehari hari. Model ini saat ini masih dipasarkan dengan harga US$ 959. Secara keseluruhan sebuah produk yang sangat menarik untuk kita yang membutuhkan mobilitas tinggi.

UL80Jt adalah sebuah model yang direncanakan diperkenalkan oleh ASUS dalam waktu dekat ( per pertengahan Juli 2010 ini belum ada dipasaran ) dengan prosessor yang lebih bertenaga dibanding varian Vt serta teknologi NVIDIA Optimus untuk pergantian graphics otomatis. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat tabel berikut :

Perbandingan ASUS UL80Vt vs UL80Jt
Model ASUS UL80Vt ASUS UL80Jt
Prosessor
Intel Core 2 Duo SU7300
1.3 Ghz 3 MB Cache
800 Mhz Front Side Bus
proses pembuatan 45nm
2 Core 2 Thread
Intel Core i5-520UM
1.06 Ghz 3 MB Cache
2.5 GT/s Direct Memory Interface
proses pembuatan 32nm
2 Core 4 Thread
Konsumsi Listrik
10 Watt prosessor saja
18 Watt prosessor dan integrated graphics
Chipset
Intel GS45
Intel HM55
Integrated Graphics
Intel X4500MHD
Intel HD Display
Dedicated Graphics
NVIDIA G210M
16 CUDA processors
72 Gflops
512 MB GDDR3 VRAM
Perpindahan manual
NVIDIA G310M
16 CUDA processors
73 Gflops
1 GB DDR3 VRAM
Perpindahan otomatis
( NVIDIA Optimus )
Baterai
8 cell 5600 MAh 84 Wh
Ketahanan
12 jam klaim
10+ jam klaim
Fitur Khusus
lainnya

Teknologi Turbo33 untuk overclocking
ExpressGate untuk alternatif booting cepat.
SRS TruSurround HD

Layar
14 inci 1366 x 768 LED Backlight
Dimensions
338 x 240 x 14 - 26.8 mm
Berat
2 kg
Wireless
802.11 b/g/n
Graphics
Intel GMA 4500MHD dan NVIDIA Geforce G210M 512 MB GDDR3
Pada saat operasi kita bisa memilih graphics yang aktif
OS
W 7 Home Premium
?
HDD
500 GB 5400 rpm
640 GB ?
Memory / Max.
4 GB / 4 GB DDR3
4 GB / 4 GB DDR3
Warna
Hitam dan Silver
Hitam
Bluetooth
Integrated Bluetooth
Webcam
0.3 Mega Pixel
USB
3 slot USB
eSATA
Tidak Ada
HDMI
Ada
Warranty
2 Tahun Internasional
Harga US$ 959 Belum ada
Link Spec Lengkap | Foto Galery Spec Lengkap | Foto Galery
Link Cari Penjual Cari Penjual

Dengan beberapa perubahan spesifikasi diatas, apa yang terjadi ? Mari kita lihat :

40% Peningkatan Aplikasi Rendering 3D Studio Max

Bila Vt membutuhkan 25 menit untuk menyelesaikan benchmark rendering "Hummer" maka Jt hanya membutuhkan waktu 15 menit. Ini menunjukan keunggulan Intel Core i5-520UM dan pengaturan ASUS Turbo 33 yang menurut Tambah.info membuat kombinasi yang hebat. Bayangkan prosessor 520UM ( yang mestinya mempunyai kecepatan normal 1.06 Ghz dan maksimum hingga 1.866 Ghz ) terukur berjalan di 2.4 Ghz.

Asus UL80Vt dan UL80Jt review comparison Asus UL80Vt dan UL80Jt review comparison
benchmark 3D Studio Max
UL80Jt berjalan pada 2.4 Ghz

Jangan salah sangka bahwa Intel Core i5-520UM bisa berjalan pada 2.4 Ghz dengan beban penuh. Kecepatan itu hanya terjadi ketika beban aplikasinya ringan dan aplikasinya adalah dari jenis single thread ( bukan multithread yang bisa berjalan di banyak core ). Unit UL80Jt rata rata berjalan pada kecepatan 1.4 hingga 1.5 Ghz saat prosessor bekerja berat di 100%.

25% Baterai Lebih Pendek

Dengan pengukuran baterai "Always On" yang dilakukan Tambah.info ternyata Jt bertahan selama 4.5 jam sementara Vt terukur 7 jam. Hal ini menunjukan betapa sebenarnya keluarga Intel CULV ( Intel SU7300, SU4100, dan teman temannya ) sangat ideal untuk kemampuan baterai maksimum. Peningkatan kecepatan di keluarga Intel Core i harus dikompromikan dengan turunnya ketahanan baterai.

Cara Tambah.info menguji ketahanan baterai Always On di UL80Jt adalah :

  1. Menyalakan Wi-Fi terus menerus sambil melakukan download file yang besar.
  2. Mengatur Power Properties di software Power4Gear Hybrid di Windows 7 seperti digambar dibawah. Sleep / Hibernate / HDD / Display never. Keterangan layar di 30%. Optical dan Webcamera dimatikan.
  3. Asus UL80Vt dan UL80Jt review comparison
    Setting software Power4Gear
  4. Memutar berulang ulang sebuah film bentuk wmv 28 MB dengan tingkat suara rendah.

Sebuah notebook yang bisa 4.5 jam "Always On" akan bisa bertahan paling tidak 8 jam untuk pemakaian normal. Klaim ASUS sepanjang 10+ jam untuk UL80Jt adalah masuk akal. Kita akan mempunyai notebook yang kita bisa mulai pakai untuk presentasi jam 9 pagi dan bertahan hingga jam 1.30 siang sebelum baterainya harus dicharge lagi.

2 - 10% Penurunan Kecepatan Graphics

Benar. UL80Jt turun di benchmark Resident Evil sebesar 2% ( 21.9 vs 21.4 ) dan turun 10% di benchmark 3DMark06 ( 3666 vs 3266 ). Kami bolak balik melakukan pengukuran dan mengecek ulang hasil dan hasil itu adalah yang Tambah.info dapat. Anda tahu kenapa? Kami menuduh perubahan spesifikasi Vt yang menggunakan 512 GDDR3 VRAM ke Jt yang menggunakan 1 GB DDR3 VRAM menjadi penyebabnya. GDDR3 ( Graphics DDR3 ) walaupun cuma 512 MB akan memberikan kecepatan graphics yang lebih baik. Kami perkirakan ASUS melakukan hal ini untuk mencapai harga jual UL80Jt dibawah US$ 1000 seperti Vt. Memang bagi calon pembeli notebook pengejar mobilitas yang menjadi sasaran Jt, beda kecepatan Vt dan Jt tidak akan menjadi hal yang menghebohkan. Calon pembeli notebook yang mengejar pengalaman gaming yang maksimum tentunya akan mempunyai pilihan ASUS lain yang lebih cocok seperti ASUS Republic of Gamers G51J.

Warna Metal Finishing Tidak Cepat Kotor

Model baru Jt datang dengan peningkatan finishing yang tidak lagi mudah berminyak seperti Vt. Tambah.info lebih suka penampilan Jt dibanding Vt. ASUS juga sudah memperkokoh bagian bawah notebook sehingga bagian penyangga DVD drive tidak lagi terlalu melentur seperti Vt. ebook juga kokoh.

Gambar ASUS UL80Jt

Klik salah satu foto untuk melihat semua foto di galeri dalam slideshow:

Hybrid Graphics NVIDIA Optimus

Model ini mempunyai dua buah sistem grafis, yaitu integrated graphics Intel HD Graphics yang terintegrasi di prosessor Intel Arrandale ( nama panggilan Intel Core i5 ) dan sebuah NVIDIA Geforce G310M dengan memori 1 GB DDR3. Secara teknis kartu grafis G310M mempunyai spesifikasi yang mirip sekali dengan G210M di model Vt terdahulu.

Pada NVIDIA control panel kita bisa menentukan apakah kita ingin Intel HD sebagai prioritas atau NVIDIA G310M sebagai prioritas. Kita juga bisa memilih aplikasi tertentu untuk secara otomatis bekerja dengan dedicated graphics. Contohnya : Kita secara rutin menggunakan Adobe Photoshop dan beberapa game selain menggunakan Microsoft Office. Kita bisa daftarkan Photoshop dan game kita untuk bekerja dengan dedicated graphics sedangkan untuk Microsoft Office kita akan bekerja dengan integrated graphics. Dibawah adalah gambar dari pengaturan di kontrol panel yang dimaksud.

Asus UL80Vt dan UL80Jt review comparison Asus UL80Vt dan UL80Jt review comparison
Kita bisa melakukan pengaturan global
atau setting tiap tiap aplikasi

Layar

Keterangan layar menyenangkan. Gambar jelas tapi tidak istimewa. Spesifikasi seperti pada umumnya notebook saat ini: 14 inci resolusi 1366 x 768 dengan LED backlight.

Suara

Speaker Altec Lansing dengan SRS Surround diletakan didepan dan dibuat untuk memantul lewat permukaan meja dan menghasilkan suara yang baik dan kuat.

Suhu dan Fan Notebook

Tidak ada masalah dengan suhu notebook. Keyboard dan palmrest tetap dingin selama pengujian yang kami lakukan. Fan notebook pada saat pertama kali unit tiba ditempat kami menyala terus menerus dengan kencang, namun dengan update BIOS maka segalanya menjadi normal. Maka ingatlah agar selalu mengecek versi BIOS ( paling tidak pada setahun pertama pemakaian ) bila kita membeli notebook baru.

Aplikasi Yang Disertakan

ASUS UL80Jt terisi semua aplikasi yang umumnya disertakan pada semua notebook ASUS lengkap dengan ASUS Express Gate untuk booting cepat tanpa masuk ke Windows. Pembahasan aplikasi bisa dilihat di review ASUS M60J.

After Sales

Garansi untuk notebook ASUS adalah 2 tahun Global Warranty.

Keunggulan ASUS UL80Jt

  • Prosesor kuat 40% lebih cepat dari Intel CULV.
  • Baterai 4.5 jam Always On atau sekitar 8 jam pemakaian normal.
  • Pengaturan aplikasi yang menggunakan dedicated graphics dilakukan sekali di Control Panel NVIDIA dan seterusnya secara otomatis akan bekerja. Tidak ada lagi aplikasi aplikasi yang ditutup terlebih dahulu bila kita hendak menggunakan dedicated graphics.
  • Fasilitas ASUS Turbo 33 bekerja dengan baik memaksimalkan prosessor Intel Core i5 yang memang sudah cepat.
  • Penempatan speaker baik dengan suara yang kuat dari speaker Altec Lansing.
  • Finishing metalnya lebih manis dibanding Vt.

Kekurangan ASUS UL80Jt

  • Prosessor Intel Core i5 Ultra Low Voltage yang lebih cepat "ternyata" membuat baterai lebih boros. Memang masih harus ada kompromi.

Kesimpulan

Kelihatannya UL80Jt tidak menggantikan UL80Vt. Pilih UL80Vt sekarang untuk umur baterai yang paling hebat dan kecepatan graphics yang OK. Tunggu UL80Jt bila kita ingin notebook pendukung mobilitas yang tenaga prosessornya unggul, kemampuan online + melakukan presentasi multimedia secara terus menerus hingga 4.5 jam, dan tidak pusing berpindah pindah antara dedicated dan integrated graphics.


EmoticonEmoticon