Knights of Crystals

Knights of Crystals Review : Sensasi Final Fantasy di Facebook



Pada awalnya Facebook hadir hanya sebagai sebuah media jejaring sosial untuk membangun kembali koneksi dengan teman lama atau sebagai wadah mencari teman baru di dunia maya. Namun, perlahan situs ini berkembang menjadi sebuah situs dengan konten multimedia yang cukup lengkap. Anda bisa berbagi video, musik, dan foto di sini, serta tidak ketinggalan bermain game online web-based bersama dengan teman-teman Anda di Facebook.

Semua hal tersebut memberikan pengalaman yang lebih maksimal ketika mengakses situs ini. Game-game di dalam Facebook sendiripun sedang mengalami perkembangan yang cukup luar biasa. Jika pada awalnya dikembangkan oleh developer-developer yang tidak memiliki nama di industri game, kali ini developer-developer besar hadir dengan mengusung franchise game besar mereka dan menghadirkannya untuk para pengguna Facebook. Bagaimana tidak? Potensi pasar 500 juta orang yang menjadi user situs ini tentu saja akan menarik para developer besar untuk hadir, baik sebagai ajang promosi atau pasar yang dibangun untuk mengeruk sedikit keuntungan.

Lihat saja apa yang dilakukan oleh Ubisoft yang menghadirkan franchise game fenomenalnya Assassin Creed : Project Legacy untuk user Facebook. Game ini bertindak sebagai game yang berdiri sendiri, namun juga sekaligus sumber utama promosi untuk game Assassin Creed yang akan hadir untuk pasar konsol sebentar lagi : Assassin Creed Brotherhood. Dan para developer besar lainnya perlahan-lahan juga mengikuti jejak Ubisoft.

Adalah Square-Enix yang terkenal dengan franchise game RPG mereka yang fenomenal, Final Fantasy, yang memutuskan untuk masuk ke dalam pasar ini dengan merilis dua buah game Facebook dengan elemen yang diambil dari para pendahulunya : Chocobo’s Crystal Tower dan Knights of Crystal. Keduanya baru memasuki tahap beta, namun cukup menarik perhatian saya untuk segera memainkanya karena nama besar Square Enix yang menjadi penyokong kedua game ini. Dan pilihan saya jatuh kepada Knights of Crystal, sebagai game yang akan saya jajal terlebih dahulu.

Kesan Pertama

Begitu pertama kali memainkan game ini, saya sudah merasakan excitement yang mengalir deras ketika logo Square Enix dengan latar belakang hitam yang kelam menyapa saya sambil nunggu waktu loading yang tidak terlalu lama. Kemudian perlahan-perlahan muncul animasi sekilas yang menggambarkan karakter-karakter di game ini, dengan tulisan Knights of Crystals yang menyertai. Maka otak saya yang selama ini cukup familiar dengan berbagai game RPG yang dikeluarkan oleh Square Enix untuk pasar konsol langsung menuju dan menyimpulkan satu hal. Ini adalah Final Fantasy, di Facebook! Dan adrenaline saya berpacu untuk memainkan game ini segera.

Mulai Bermain

Ketika permainan sudah dimulai, saya dihadapkan pada menu-menu permainan yang jumlahnya cukup banyak dengan karakter saya tampak berada di sisi kiri. Dari bentuk menu yang disediakan, terlihat jelas bahwa game ini memang mengusung sistem permainan web-based click seperti pada game-game Facebook pada umumnya dengan elemen-elemen tertentu untuk dapat memainkannya. Dan dari susunan menu yang cukup teratur dan gambar yang terlihat cukup baik, game ini sepertinya akan membuat saya siap untuk berlama-lama duduk di depan komputer untuk memainkannya. Dan elemen-elemen yang ditawarkan di dalamnya memperlihatkan ciri khas nuansa RPG yang sangat khas.

Elemen-Elemen Permainan

Seperti game web-based click yang sering kita temukan, game ini juga memerlukan beberapa elemen penting yang mempengaruhi jalannya permainan. Ada Gold Pieces yang berfungsi sebagai mata uang di game ini, SQEX Coins sebagai mata uang eksklusif yang dapat dibeli melalui uang sebenarnya, Hit Points (HP) adalah nyawa karakter kita, merupakan salah satu elemen yang diperlukan untuk melakukan command Fight, Action Power berfungsi sebagai action point untuk melakukan aksi-aksi tertentu, dan yang terakhir adalah Battle Power sebagai indikator berapa kali Anda dapat melakukan command Fight.

Kemudian Anda akan menemukan beberapa menu utama di dalam game ini. Ada Home Screen seperti yang terlihat pada gambar. Kemudian Quest yang menjadi unsur paling utama di game ini, berisi misi-misi yang harus kita lakukan, Fight menjadi menu dimana kita dapat mengukur kemampuan karakter kita melawan karakter yang dimiliki oleh user lain, Inventory merupakan tempat kita dapat mengunjungi shop untuk membeli item dan melihat item yang sudah kita miliki dan dapatkan, Profile hadir sebagai wadah kita melihat status karakter kita secara keseluruhan, dan yang terakhir Level dan Exp yang menunjukkan level karakter kita.

Sistem Permainan

Sistem Permainan di dalam game ini sebenarnya sederhana, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunjungi Quest, dan menyelesaikan setiap Quest yang telah disediakan di menu ini. Setiap Quest akan membutuhkan jumlah Action Power tertentu untuk melakukannya, dan terkadang beberapa item spesifik sebagai syarat untuk dapat melakukan suatu quest. Action Power sendiri akan terisi otomatis, setiap angka akan ditambahkan setiap Anda menunggu 5 menit. Sedangkan item, Anda bisa mendapatkannya setiap kali melakukan suatu Quest, atau Anda harus membelinya di Shop dengan menggunakan Gold Pieces yang Anda dapatkan dari setiap Quest

Quest yang berhasil Anda Jalankan akan memberikan Anda beberapa keuntungan. Selain Exp yang dibutuhkan untuk kenaikan level, Anda akan mendapatkan gold pieces dalam jumlah tertentu serta kemungkinan mendapatkan item, dari yang biasa hingga yang langka. Setiap item yang Anda dapatkan mungkin saja akan digunakan pada Quest-quest selanjutnya, atau bahkan memperkuat karakter Anda dengan menambahkan status-status tertentu padanya. Quest sendiri dapat diselesaikan hingga 3 kali dalam 3 level untuk mencapai pengakuan 3 bintang atau Mastered yang akan memberikan keuntungan lebih mudahnya mendapatkan item-itemtertentu.

Pada Quest-Quest tertentu, Anda akan bertemu dengan Boss yang menjaga wilayah tersebut. Untuk mengalahkan setiap Boss, beberapa syarat juga harus dipenuhi, misalnya saja jumlah AP dan Battle Power dalam jumlah tertentu. Anda dapat melakukan invite terhadap teman yang sudah menjadi Companion Anda untuk membantu Anda melawan Boss ini. Dan ketika Anda masuk ke dalam sistem pertarungan Boss ini, Anda akan menemukan elemen permainan yang lebih kental dengan suasana RPG nya.

Tidak cukup hanya melakukan klik saja seperti yang biasa Anda lakukan pada Quest biasa, Anda akan menemukan beberapa command yang dapat Anda pilih untuk menentukan sendiri strategi yang menurut Anda paling tepat untuk mengalahkan Boss tersebut. Setiap serangan yang dilancarkan akan mengurangi HP dari pihak yang kena, tidak ada penggunaan AP dalam setiap aksi ketika melawan Boss. Ketika Anda menang, maka seperti melaksanakan quest biasa, Anda akan mendapatkan EXP dan Gold Pieces dalam jumlah tertentu dan Quest lain

Kelebihan

Saya sendiri merasa bahwa nuansa RPG yang sangat kental di game ini memang membawa daya magis tersendiri. Belum lagi semua komponennya yang mampu menghadirkan suasana gaming yang cukup kompleks. Diperkuat dengan animasi-animasi yang terlihat indah, game ini benar-benar sebuah Final Fantasy di dalam Facebook. Walapun menggunakan nama yang berbeda, namun sistem jobs dan nama monster di dalamnya membuat saya yang merupakan penggemar game RPG buatan Square Enix tidak bisa memalingkan perhatian sedikit pun.

Kelemahan

Setiap hal yang diciptakan di dunia tentu saja akan menghadirkan kelemahan tersendiri. Saya merasakan ada beberapa di game ini. Ketidakjelasan pengaruh jumlah Companion terhadap status kekuatan karakter terkadang membuat kita berspekulasi ketika memutuskan melakukan fight dengan karakter dari user lain. Hal lain yang menurut saya pribadi cukup menganggu adalah hadirnya Quest dengan item-item yang hanya bisa dibeli menggunakan Square Enix Coins yang harus dibeli dengan uang sebenarnya.

Walaupun terlihat sepele, tetapi benar-benar menghadirkan nuansa kapitalis yang cukup menyeramkan di sini. Mereka yang memiliki uang lebih di dunia nyata, dapat membeli Square Enix Coins, lalu mengggunakannya untuk membeli senjata terkuat, menambahkan status, dan memainkan quest-quest yang tidak bisa saya mainkan. Dan menurut saya itu sangat menyebalkan.

Kesimpulan

Walaupun tampil sangat sederhana dan baru memasuki tahap beta, namun secara keseluruhan game ini tampil memukau. Dengan animasi ciamik yang ditampilkan dan nuansa Final Fantasy yang mampu dihadirkannya, Knights of Crsytals membuat saya semakin yakin bahwa game-game web-based di Facebook mampu hadir dengan kualitas yang cukup baik. Walaupun saya kurang suka dengan sistem penggunaan uang sebenarnya untuk memperkuat karakter, tetapi itu tidak menghalangi saya untuk terus memainkan game ini dan berkompetisi dengan user yang lain. Secara keluruhan, saya merekomendasikan game ini untuk Anda! Dan jika Anda tertarik, Anda dapat memainkannya di sini.


EmoticonEmoticon